Rabu, 19 Maret 2014

Langkah-Langkah Menyalakan Komputer/Laptop dengan baik

     Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika hendak menyalakan Komputer/laptop.
A. Pertama, periksa seluruh koneksi perangkat masukan dan keluaran, seperti monitor, mouse, dan keyboard. Pastikan seluruh koneksi dalam keadaan tersambung. Pastikan juga disk drive dalam keadaan kosong, tidak ada disket, CD, dan sebagainya.
B. Sambungkan koneksi CPU dengan satu daya atau sumber listrik. Gunakan stabilizer atau Uninterruptible Power Supply (UPS) apabila tegangan pada sumber listrik tidak stabil
C. Kemudian tekan tombol power pada CPU untuk menyalakan komputer dan pastikan lamptu pada CPU menyala
D. Selanjutnya, komputer akan menjalankan proses Power On Self Test (POST) dan kemudian melakukan proses booting/starting up (proses memulai sistem operasi). Kamu dapat melihat proses ini pada layar monitor. Contoh Gambar:


POST adalah serangkaian tes yang dilakukan oleh Basic Input Output System (BIOS) untuk menguji kesiapan perangkat keras (Hardware) seperti CPU, Memory, dan hard disk. Sedangkan booting adalah awal dimulainya sistem operasi. Pada proses booting semua berkas-berkas yang dibutuhkan dalam sistem operasi akan diaktifkan.
E. Setelah proses starting up selesai, jika kamu menggunakan mode teks, maka akan muncul command prompt (contoh gambar command prompt) dan jika kamu menggunakan mode GUI, maka akan muncul jendela Log On pada layar monitor (contoh gambar command prompt berbasis GUI) Hingga tahap ini, komputer siap untuk digunakan.



Sekian dari langkah-langkah menyalakan komputer/laptop dengan baik :)

0 komentar:

Posting Komentar