Minggu, 09 Maret 2014

TEORI DASAR LAN


 Definisi Jaringan
    pengertian sederhana dari jaringan komputer adalah sekumpulan perangkat yang dapat digunakan untuk dan menipulasi data elektronis dan pesan-pesan, saling terkait satu dengan yang lainnya dimana dengan cara tersebut pengguna dapat menyimpan dan mengganti dan saling berbagi-pakai terhadap informasi yang tersedia, pada umumnya yang dihubungkan oleh jaringan terdiri dari komputer,mikro,terminal,printer,dan media penyimpanan data serta perangkat jaringan lainnya.

Jaringan Komputer terbagi menjadi 3 jenis yaitu:
1. Local Area Network (LAN)
2. Metropolitan Area Network (MAN)
3. Wide Area Network (WAN)

Berikut akan kami jelaskan masing-masing dari 3 jenis jaringan:
1. Local Area Network (LAN)
      Merupakan jaringan milik pribadi didalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. Lan seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik untuk memakai sumber daya (resouce, misalnya printer) dan saling bertukar  informasi. Secara garis besar terdapat 2 tipe jaringan LAN, yaitu jaringan peer to peer dan jaringan clent-server.Pada jaringan peer to peer setiap komputer yang terhubung kejaringan dapat bertindak baik sebagai workstation maupun server. Sedangkan pada jaringan clent-server, hanya satu komputer yang bertugas sebagai server dan komputer lain berperan sebagai workstation.LAN seringkali menggunakan teknologi transmisi kabel tunggal LAN tradisional beroperasi pada kecepatan mulai 10-100 mbps(mega bit/detik) dengan delay rendah (puluhan mekro sekrup dan mempunyai faktor kesalahan yang kecil. LAN-LAN modern dapat beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi sampai ratusan mega bit/detik

2. Metropolitan Area Network (MAN)
     Pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN,MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang berdekatan dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN biasanya mampu menunjang data dan suara, dan bahkan dapat berhubungan dengan televisi kabel. MAN hanya memiliki sebuah atau 2 buah kabel dan tidak mempunyai elemen switching, yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel, adanya elemen switching membuat rancangan menjadi lebih sederhana. Alasan utama memisahkan MAN sebagai kategori khusus adalah telah ditentukannya standart untuk MAN, dan standart ini sekarang sedang di implemasikan standart tersebut diberi nama DQDB (Distributed Queve Dual Bus) atau 8026 menurut standart IEEE, DQDB terdiri dari sebuah kabel Unidirectional dimana semua komputer telah dihubungkan

3. Wide Area Network (WAN)
    Wide Area Network (WAN) mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mancakup negara atau benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin yang bertujuan untuk menjalankan program aplikasi mesin-mesin ini biasa  disebut HAST dalam interektur bisa disebut dengan END system dihubungkan dengan subnet komunikasi atau cukup disebut subnet, tugas subnet adalah membawa pesan dari HAST ke HAST lainnya.
seperti halnya telepon yang membawa isi komunikasi murni sebuah jaringan (subnet) dan aspek-aspek aplikasi (Hast) rancangan jaringan lengkap menjadi jauh lebih baik sederhana.
  Pada sebagian besar WAN, subnet terdiri dari 2 komponen kabel transmisi, elemen switching. Kabel transimisi (disebut juga sirkuit channel atau TMNK) memindahkan bit-bit dari 1 mesin ke mesin lainnya.
  Elemen switching adalah komponen khusus yang dipakai untuk menghubungkan 2 kabel transmisi atau lebih saat kabel data sampai penerima elemen switching harus memilih kabel pengirim untuk meneruskan termologi standart dalam manamakan komputer seperti IIII namanya sangat bervariasi disebut paket switching kode. Intermidiate system data switching exchange kita biasa menyebut komputer switching dengan router-router dan saluran-saluran komunikasi yang memudahkan paket dari HAST tujuan akan tetapi beberapa tahun kemudian subnet mendapatkan arti lainnya. Sehubungan dari pengalaman jaringan pada sebagian besar WAN. Jaringan terdiri dari sejumlah banyak kabel atau saluran telepon yang menghubungkan sepasang router, bila 2 router yang tidak menghubungkan sebuah kabel yang sama, akan melakukan komunikasi, keduanya harus berkomunikasi secara tak langsung melalui routernya. Ketika sebuah paket dikirimkan dari sebuah router ke router lainnya melalui router perantara atau lebih, maka paket akan diterima router dalam keadaan lengkap, disimpan sampai saluran output menjadi bebas, dan kemudian baru diteruskan.

0 komentar:

Posting Komentar