Rabu, 26 November 2014

3 Cara Mengatasi Windows Explorer Has Stopped Working

Jadi gini sobat Blogger , beberapa hari ini windows saya sering mengalami masalah, salah satunya adalah sering munculnya pesan error “Windows explorer has stopped working”, nih saya juga punya scrincuntnya lho sob :

Jadi pesan tersebut selalu muncul ketika saya membuka properties my computer atau membuka beberapa aplikasi yang menurut saya aplikasi tersebut penting untuk pekerjaan saya, yang paling menjengkelkan adalah kemarin ketika saya mau presentasi dengan aplikasi Turbo Pascal mendadak tiba-tiba aplikasinya tidak bisa dibuka dan langsung muncul pesan windows explorer has stopped working persis seperti gambar yang diatas, untung acara sirkus-sirkussannya gak jadi . . . haha. Sebagai catatan saya menggunakan Windows 7 Ultimate, mungkin ini adalah masalah yang sering terjadi pada windows 7 ultimate, dan bagi sobat-sobat sekalian yang juga mengalami masalah ini saya punya 3 cara nih untuk mengatasinya.

Dan berikut adalah 3 cara yang sobat bisa lakukan untuk mengatasi masalah tersebut :
1.   Scanning system Windows kalian.
Nah cara pertama adalah dengan menscanning system windows kalian, caranya adalah pertama buka CMD (Command Prompt) dengan cara klik tombol start – kemudian ketikkan CMD.


dan jangan lupa untuk menjalankannya sebagai administrator dengan cara klik kanan CMD nya dan pilih “Run As Administrator”.


Kalo udah nanti bakalan kebuka tuh CMD nya. Pada saat pertama kali CMD nya terbuka secara default kita berada di direktori C:\Windows\system32, maka kita harus memindahkannya ke direktori C: saja dengan cara ketikkan “cd\” tanpa tanda kutip. Biar lebih gampang mending sobat liat gambar diabwah ini aja deh.


Kalau udah ke direktori C:\ sobat ketikkan ”sfc/scannow”tanpa tanda kutip kemudian tekan enter dan tunggu sampai proses scanning selesai.


Sobat sekalian gak perlu khawatir dengan cara ini karena ini hanyalah proses scan seperti biasa, jika ada file system yang hilang atau yang rusak maka akan langsung diperbaiki setelah sobat merestart computer sobat sekalian.
2.      Cara kedua adalah dengan Disabling CEIP.
Caranya adalah pertama sobat buka run terlebih dahulu, kemudian ketikkan gpedit.msc dan tekan enter.


Kemudian cari lokasi seperti yang dibawah ini :
Computer Configuration => Administrative Templates => System => Internet Communication Management, and then Klik Internet Communication Setting.


Setelah itu double klik pada Turn of Windows Customer Experience Improvement Program.


Maka nanti akan muncul tampilan seperti ini :

Lalu sobat pilih enable dan klik apply lalu klik OK.


3.      Install ulang Windows
Jika kedua cara diatas tidak berhasil, maka cara terakhir yang sobat harus lakukan adalah dengan menginstall ulang laptop sobat. :D

0 komentar:

Posting Komentar