Selasa, 11 Maret 2014

Cara Mengatasi Laptop Tiba-tiba Mati Sendiri

Pernahkan laptop / notebook / netbook Anda mati sendiri? Ada sejumlah penyebab mengapa laptop bisa mati sendiri secara tiba-tiba. Lalu bagaimana cara mengatasinya bila hal itu terjadi?

Laptop yang mati sendiri bisa disebabkan oleh virus atau karena laptop overheat (kepanasan). Untuk itu, jika hal itu terjadi, maka langkah yang perlu dilakukan yaitu scanning dengan antivirus apakah laptop terjangkit virus atau tidak. Jika tidak ada, maka penyebabnya bukan karena virus, bisa jadi karena laptop kepanasan.

Untuk meyakinkan kalau penyebabnya adalah kepanasan, cukup dengan memegang laptop bagian bawah. Apabila suhunya sangat panas, maka kemungkinan karena overheating. Kipas pendingin pada laptop umumnya bekerja secara otomatis, yaitu apabila sudah mencapai suhu tertentu, kipas akan bekerja dan jika sudah cukup dingin kipas akan mati.

Apabila laptop mengalami panas berlebih, bisa dipastikan laptop mengalami overheating. Berikut ini adalah sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mencegah laptop mengalami panas berlebih.

- Menggunakan bidang datar sebagai alas laptop
Gunakan laptop pada bidang yang datar. Hindari menggunakan laptop di atas kasur, sofa, bantal, dan sejenisnya yang memiliki permukaan yang tidak rata, karena sirkulasi panas tidak dapat berjalan dengan baik sehingga bisa mempercepat proses pemanasan pada laptop.

- Membuat celah pada bagian bawah lapop
Menggunakan alas yang datar memang bisa sedikit mengurangi pemanasan, namun masih kurang, apalagi bila laptop dipakai dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, usahakan agar tidak seluruh permukaan laptop menyentuh meja. Usahakan ada celah supaya sirkulasi udara tidak terhalang. Praktisnya, gunakan cooling pad dan letakkan di bawah laptop sebagai pendingin. Cooling pad dapat membantu mempercepat proses buang panas yang dihasilkan laptop.

- Memeriksa kipas atau rangkaian sensor
Jika kedua cara tersebut belum juga berhasil mengatasi masalah laptop yang cepat panas, periksa kipas atau rangkaian sensor panasnya barangkali terdapat masalah. Tetapi biasanya yang terjadi yaitu kipas bekerja tetapi hembusan angin yang keluar sangat kecil sehingga fungsinya kurang maksimal. Apabila hal ini terjadi, kemungkinan sirkulasi udara mengalami gangguan atau putaran kipas terlalu pelan.

Untuk mengetahui putaran kipas yang tidak baik yaitu dengan cara mengamati pola putaran dan suara kipas. Kipas yang sudah tidak bekerja dengan baik putarannya tidak lancar dan suaranya tidak halus. Hal ini bisa jadi karena kotoran atau memang kipas sudah dalam kondisi yang tidak baik lagi.

1. Matikan laptop kemudian lepas power adaptor dan baterai.

2. Bersihkan celah-celang lubang tempat masuk dan keluarnya udara.

3. Buka casing laptop bagian bawah (yang merupakan jalan lewat sirkulasi udara dari kipas) dengan menggunakan obeng.

4. Bersihkan kipas laptop beserta bagian saluran pendinginnya dan bagian-bagian lainnya yang dirasa kotor dengan memakai pembersih yang halus, misalnya kuas. Jika Anda bisa memasang kembali kipasnya, lebih baik sekalian dibuka dan dibersihkan.

5. Pasang kembali kipas yang dibuka tadi, jangan lupa casing penutup, baterai, dan power adaptornya.

6. Hidupkan kembali laptop.

Itulah cara mengatasi masalah laptop atau notebook yang tiba-tiba mati sendiri.


Demikian Dari penjelasan Dari cara mengatasi laptop tiba-tiba mati sendiri. Semoga Bermanfaat yaa :)
jika ingin info Lebih lanjut Klik aja Link dibawah ini!
http://www.limaratus.com/2013/09/cara-mengatasi-laptop-tiba-tiba-mati.html

1 komentar: